BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Uncategorized / KURIKULUM

KURIKULUM

Program

Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Jember merupakan program studi jenjang strata 1 (S-1). Selain itu, juga mempersiapkan penyelenggaraan program PPG dalam Jabatan dan Prajabatan.

Beban dan Masa Studi

Beban Studi

Beban Studi pada Program Studi S-1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Jember mengikuti rentangan 144 SKS – 150 SKS. Pada struktur kurikulum tahun ajaran 2015/2016 beban studi Program Studi Pendidikan Geografi dirancang 158 SKS, yang terdiri atas 138 SKS mata kuliah wajib, dan 20 SKS mata kuliah pilihan dengan wajib tempuh 8 SKS. Sehingga, total SKS minimal prasyarat lulus sebanyak 146 SKS.

Masa Studi

Beberapa ketentuan yang berhubungan dengan masa studi sebagai berikut:

  • Masa studi secara resmi 4 (empat) tahun. Satu tahun akademisi terdiri atas 2 (dua) semester, yaitu semester gasal dan genap. Semester gasal dimulai pada bulan Agustus dan semester genap dimulai pada bulan Februari tahun berikutnya.
  • Masa studi paling lama dibatasi 7 (tujuh) tahun. Apabila hingga batas studi mahasiswa belum lulus, kepada yang bersangkutan diberikan dispensasi perpanjangan studi dengan persetujuan dari Kaprodi dan Dosen Pembimbing Akademik dengan melampirkan kelengkapan yang diperlukan.
  • Jika melampaui batas waktu yang ditentukan di atas, mahasiswa yang bersangkutan tidak dapat menyelesaikan studi. Maka yang bersangkutan dinyatakan gugur dan semua kredit bidang studi yang sudah diselesaikan dinyatakan gugur (hangus).
  • Cuti kuliah dapat diberikan kepada mahasiswa atas pertimbangan khusus Kaprodi Pendidikan Geografi dan Dekan FKIP Universitas Jember. Cuti kuliah maksimal 2 (dua) semester dan tidak diperhitungkan dalam masa studi. Ketentuan lebih lanjut tentang cuti kuliah terdapat dalam aturan cuti kuliah (konfirmasi ke Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

About geografi

Check Also

BROSUR PENDIDIKAN GEOGRAFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *