BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Uncategorized / Tentang P. Geo

Tentang P. Geo

Universitas Jember (UNEJ) merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki ciri khas dalam pengembangan pertanian industrial. Pengembangan pertanian industrial tidak terlepas dari potensi pertanian tembakau dan kakao yang sangat besar di wilayah eks. Karisidenan Besuki (Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi) dan Lumajang. Pengembangan pertanian industrial akan berjalan optimal jika memperhatikan kondisi geografis yang berada wilayah tersebut.

Pembukaan Program Studi S1 Pendidikan Geografi menjadi salah satu upaya UNEJ agar mampu mengoptimalkan potensi pertanian industrial di Wilayah Eks. Karisidenan Besuki dan Lumajang. Pendidikan Geografi akan memberikan kontribusi terhadap kajian pertanian industrial dalam bidang Ilmu Kependidikan dan Ilmu Geografi. Dalam bidang Ilmu Kependidikan, Program Studi S1 Pendidikan Geografi akan memberi kontribusi dalam bentuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan pertanian industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sumber belajar di sekolah-sekolah se-Eks. Karisidenan Besuki dan Lumajang.

Pertanian Industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi ciri khas Program Studi S1 Pendidikan Geografi FKIP-UNEJ. Ciri khas tersebut tidak terlepas dari potensi pertanian tembakau dan kakao terbesar di Indonesia yang terletak di wilayah Jember. Ciri khas tersebut menjadi keunggulan yang tidak dimiliki oleh Program Studi S1 Pendidikan Geografi pada Perguruan Tinggi lain di Indonesia. Keunggulan Program Studi S1 Pendidikan Geografi juga sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang agraris.

Jumlah Program Studi S1 Pendidikan Geografi yang hanya ada 2 di wilayah Jawa Timur menjadi pendorong perlu dibukanya Program Studi S1 Pendidikan Geografi di FKIP UNEJ. Letak Geografis UNEJ yang berada di wilayah timur dari Provinsi Jawa Timur akan menjadi pembeda jika dibandingkan dengan kedua program studi lain yang letaknya berdekatan (Surabaya dan Malang). Keberadaan Program Studi S1 Pendidikan Geografi FKIP-UNEJ akan mengangkat potensi pertanian industrial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dimiliki oleh wilayah eks. Karisidenan Besuki dan Lumajang sebagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh 2 Program Studi S1 Pendidikan Geografi lainnya di Provinsi Jawa Timur.

Program Studi S1 Pendidikan Geografi akan masuk ke dalam Jurusan Pendidikan IPS FKIP-UNEJ yang saat ini telah terdapat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Sejarah, dan S2 Pendidikan IPS. Hal tersebut didasari oleh Kurikulum pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang memasukkan mata pelajaran geografi ke dalam rumpun Ilmu Sosial. Selain itu, fokus utama Program Studi S1 Pendidikan Geografi menghasilkan Guru SMA Bidang Studi Geografi FKIP-UNEJ sebagai alasan masuk ke dalam Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) FKIP-UNEJ.

About geografi

Check Also

BROSUR PENDIDIKAN GEOGRAFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *